Blitar Kota –Untuk menciptakan herd immunity, Pemerintah Kota Blitar terus menggencarkan vaksinasi Covid-19. Kali ini vaksinasi menyasar warga binaan Lapas Kelas 2B Blitar. Penyuntikan dosis vaksin dilakukan petugas kesehatan dari Puskesmas Kepanjenkidul, Kamis (29/07/2021).

Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kelas 2B Blitar, Bambang Setiyawan menjelaskan dari 556 warga binaannya, hanya 148 orang yang lolos administrasi mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Namun, setelah screening kesehatan, hanya 129 orang yang bisa menerima vaksinasi Covid-19 dari Puskesmas Kepanjenkidul. Menurutnya, saat ini ada beberapa warga binaan yang kesehatannya kurang prima karena mengalami gejala demam, batuk, pilek, dan lain-lain.

Oleh sebab itu, pihaknya akan meningkatkan pemanatau kesehatan warga binaan, supaya vaksinasi segera merata di Lapas Kelas 2B Blitar. Selain itu, pihaknya juga akan menjalin koordinasi dengan keluarga warga binaan baru, terkait dengan data diri dan administrasi. Sebab, ada sejumlah warga binaan baru yang data administrasinya kurang lengkap.

“Karena saat ini kami juga masih menerima tahanan baru, sehingga memerlukan penyesuain data yang didapatkan dari Polres, dengan peran aktif keluarga warga binaan terkait data diri dan administrasi,” jelas Bambang saat dikonfirmasi melalui telpon

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Kecamatan,Triana Sulistyaningsih membenarkan adanya 19 warga binaan yang mengalami deman, batuk, dan lainnya. Sehingga proses vaksinasi pun harus ditunda, sampai kondisinya benar-benar prima. Menurut Triana, untuk menciptakan herd immunity di Lapas Kelas 2B, paling tidak 70% warga harus sudah tercover vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua.

“Kendala kami untuk melakukan vaksnasi di lapas yaitu, dari 556 warga binaan hanya ada148 orang yang bisa divaksinasi, tetapi 19 orang di antaranya terpaksa ditunda karena tidak lulus pemeriksaan atau screening,” jelas Triana.

Saat disinggung kapan jadwal vaksinasi lanjutan di Lapas Kelas 2B Blitar, Triana mengatakan, menyesuaikan ketersediaan stok vaksin dan massa interval dari jenis vaksin yang diberikan. (Sur)

129 Warga Binaan Lapas Kelas 2B Blitar Ikuti Vaksinasi Presisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *