Blitar Kota – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memberi persetujuan penyuntikan vaksin Covid-19 bagi kelompok lanjut usia (lansia). Pemerintah Kota Blitar pun sudah melakukan pendataan dan siap melaksanakan vaksinasi kepada kelompok lansia.

Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Blitar, Didik Jumianto mengatakan, kelompok lansia dalam vaksinasi tahap pertama ini masih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes). Yang mama susuai data sementara, terdapat 29 nakes lansia yang usianya lebih dari 59 tahun. Jumlah itu masih bisa bertambah karena pendataan masih terus dilakukan. Menurut Didik selain BPOM, Kementrian Kesehatan RI juga telah mengumumkan dan memperbolehkan penggunaan vaksin Covid-19 bagi nakes lansia. Rencananya, pelaksanaan vaksinasi di Kota Blitar akan dilaksanakan Sabtu, 13 Februari. Didik memastikan proses penyuntikan vaksin terhadap nakes lansia itu tidak jauh beda dengan sebelumnya.

“Prosesnya sama saja, harus melalui beberapa tahapan, seperti verifikasi, screening, penyuntikan vaksin dan pemantauan,” jelas Didik.

Sementara disinggung terkait cakupan vaksinasi, Didik mengatakan dari target 2.744 nakes, vaksin Covid-19 sudah diberikan ke 2.369 nakes. Pihaknya juga membenarkan 100 lebih nakes harus ditunda pelaksanaan vaksinnya, karena kondisi kesehatannya tidak memungkinkan. (Kir)

29 Nakes Lansia Kota Blitar Terima Vaksinasi Covid-19
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *