Blitar Kota- Forkopimda Kota Blitar mengikuti rapat koordinasi analisa dan evaluasi penanggulangan Covid-19 dan pelaksanaan PPKM Mikro bersama dengan Pemprov Jawa Timur di Integrated System Center (ISC), Dinas Kominfo dan Statistik Diskominfotik Kota Blitar.

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang dinilai mampu mengontrol masyarakat dalam penanggulangan Covid-19 sampai saat ini masih bergulir dan diterapkan di Kota Blitar. Hingga 21 Mei 2021, terdapat 624 RT yang sudah berzona hijau di Kota Blitar. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Blitar, Muhammad Muchlis.

Muchlis menjelaskan, terdapat 651 RT diseluruh Kota Blitar. Saat ini sebanyak 624 RT telah berzona hijau, sementara 27 lainnya berzona kuning. Muchlis memaparkan sesuai laporan harian yang direlease Dinas Kesehatan Kota Blitar, setiap RT sampai saat ini terus menerapkan PPKM Mikro. Apalagi selama Ramadhan dan Lebaran 1442 H, PPKM mikro dinilai mampu menjadi sarana penanggulangan Covid-19 yang paling optimal, karena lamgsumg berhubungan dengan masyarakat.

“Ya kalau kita menuju hijau semua ini , kita tetep bersumber dari masyarakat, Wajib menerapkan protocol kesehatan yaa, dengan disiplin. Sambil beraktivitas seperti biasanya,” kata Muchlis

Sementara itu, Asisten I Pemerintah Kota Blitar, Hermansyah Permadi memaparkan, sesuai yang diamanatkan Pemerintah Provinsi, sampai saat ini Pemkot Blitar terus meningkatkan koordinasi dengan Satgas Covid-19 dalam penanggulangan Covid-19 di Kota Blitar. Hermansyah memaparkan kegiatan-kegiatan PPKM Mikro disetiap RT dalam menanggulangi Covid-19 juga harus ditingkatkan. Sebab PPKM Mikro dapat meminimalisir Covid-19, diikuti dengan menurunnya kasus konfirmasi di Kota Blitar.

“Alhamdulillah yaa kalau di Kota Blitar sendiri kita lihat cukup baik, patu diapresiasi dan ditingkatkan. Ini selanjutnya kita akan melakukan koordinasi, dengan seluruh yang terkait, stake holder juga untuk memadukan dan menyemangati kembali agar konsentrasi mennagani Covid-19 karena masih ada dan perlu penanganan yang serius.”

Hermansyah juga meminta agar warga terus menerapkan prorokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya untuk menekan penyebaran, serta mempertahankan dan meningkatkan RT yang berzona hijau di Kota Blitar. (fik)

90% RT di Kota Blitar Sudah Berzona Hijau
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *