Blitar Kota-Vaksinasi Covid-19 dengan datang langsung ke rumah ODGJ dan penyandang disabilitas ini dijadwalkan tanggal 1-3 September 2021. Langkah ini diinisasi oleh Camat Kepanjenkidul, yang prihatin karena rendahnya kehadiran ODGJ dan penyandang disabilitas saat mendapat undangan dari UPTD Puskesmas Kecamatan Kepanjenkidul.

Parminto-Camat Kepanjenkidul dikonfirmasi by phone Kamis 02 Agustus 2021 mengatakan rendahnya kehadiran ODGJ dan penyandang disabilitas ini karena mereka terkendala fisik atau tidak ada pendamping yang mengantar. Oleh karena itu, untuk memudahkan layanan pada masyarakat, pihaknya meminta tenaga kesehatan Puskesmas Kepanjenkidul datang langsung ke rumah, atau door to door. Parminto menyebut, berdasarkan data dari Dinas Sosial, Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) ada 99 penyandang disabilitas dan ODGJ belum mendapatkan vaksin Covid-19.

“ Setelah kita diskusi dengan Dinas Kesehatan, Kapus Kepanjenkidul, PSM dan TKSK akhirnya kita sepakatri, kitra lakukan vaksinasi door to door, karena mereka memang kesulitan untuk datang ke lokasi vaksinasi,” Ujar Parminto.

Sementara itu, Triana Sulistyaningsih-Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Kepanjenkidul menambahkan, dari 99 penyandang disabilitas dan ODGJ di Kecamatan Kepanjenkidul yang belum mendapatkan vaksin covid-19, hanya 22 orang yang bersedia menerima vaksin Covid-19. Sedangkan sisanya masih enggan, sehingga perlu dilakukan pendekatan lebih lanjut.

“ Sudah kita mulai sejak kemarin, di Kelurahan Tanggung dan Bendo, sedangkan hari ini Kelurahan Ngadirejo, Sentul dan Kepanjenkidul,” terang Triyana.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ke rumah penyandang disabilitas dan ODGJ ini dilaksanakan dengan mematuhi protocol kesehatan. Tenaga kesehatan juga mendapat pendampintan dari TKSK. Sur

Agar Cakupan Vaksin Covid-19 Merata, Kecamatan Kepanjenkidul Terjun Langsung ke Rumah ODGJ dan Penyandang Disabilitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *