Blitar Kota- Vaksinasi ditingkat kelurahan Kota Blitar, hingga saat ini disesuaikan dengan ketersediaan dosis vaksin. Namun, Dinas Kesehatan memastikan, 21 kelurahan di Kota Blitar sudah melaksanakan vaksinasi pada kelompok lansia.

Didik Jumianto-Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Blitar saat dikonfirmasi Rabu 09 Juni 2021 mengatakan sebelumnya ada sekitar 7 kelurahan yang vaksinasinya molor, akibat stok vaksin tidak mencukupi. Diantaranya Kelurahan Sananwetan, Gedog, Bendogerit, Sukorejo, Pakunden, Sentul, dan Kepanjen Kidul. Namun demikian, per tanggal 08 Juni 2021, 7 kelurahan tersebut sudah melaksanakan vaksinasi karena secara bertahap Pemkot Blitar juga menerima distribusi dari Provinsi.

“Kita secara bertahap itu menerima distribusi terus. Terakhir tanggal 03Juni 2021 kemarin, kita terima 180 vial dosis vaksin Sinovac, lansung kami distribusikan ke fasilitas kesehatan. Jadi kelurahan yang sempat molor beberapa waktu lalu, sudah bisa melaksanakan vaskinasi” jelas Didik.

Didik menjelaskan saat ini percepatan vaksinasi lansia terus dimaksimalkan, karena capaiannya masih tergolong rendah. Padahal langkah pendekatan hingga jemput bola sudah dilakukan. Menurur Didik, dari target 70%, cakupan vaksinasi Kota Blitar pertanggal 08 Juni masih mencapai 34,25% dari jumlah sasaran 10.734 lansia.

“Kita terus kejar cakupan vaksin lansia, yang pelayan public juga berjalan sekarang” terang Didik.

Didik menghimbau agar lansia yang sudah terdata sebagai penerima vaksin, tidak menolak penyuntikan tenaga kesehat dari puskesmas atau fasilitas kesehatan lainnya. Sebab, vaksin menjadi salah satu upaya Pemerintah untuk menanggulangi pandemi Covid-19. (Kir)

Dinas Kesehatan Kota Blitar Pastikan 21 Kelurahan Sudah Melaksanakan Vaksinasi Lansia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *