Blitar Kota – Menjelang pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar Pemkot Blitar dan Polres Blitar Kota, Sabtu (10/07/2021), Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Blitar memberikan beberapa rekomendasi agar pelaksanaannya berlangsung dengan kondusif. Satu diantaranya, meminta penyelenggara vaksinasi massal mengawasi dan memantau peserta vaksinasi tertib prokes Covid-19. Demikian disampaikan Ketua IDI Kota Blitar, Mafrurrochim Hasyim, saat dikonfirmasi by phone Jumat (09/07/2021).

Hasyim menilai, dari pelaksanaan vaksinasi massal sebelumnya, masih ada sebagian masyarakat yang tidak memakai masker medis saat mengikuti vaksinasi. Sehingga pihaknya meminta penyelenggara vaksinasi massal di Gedung Kesenian Sabtu besok lebih memperketat aturan prokes. Petugas wajib memastikan peserta menggunakan masker medis dengan benar, menutup mulut dan hidung dan tidak diletakkan didagu. Penjagaan jarak juga perlu dimatangkan dengan tepat penataannya, mengingat peserta vaksin mencapai 3.000 peserta.

“Kami khawatir dari peserta vaksin sendiri akan banyak yang terpapar Covid-19 jika tidak mematuhi prokes. Kami mohon kepada masyarakat untuk menggunakan masker medis dan double mask, itu bukan hak anda memakai atau tidak, tetapi kewajiban anda untuk memenuhi hak orang lain,” jelas Mafrurrochim Hasyim.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Blitar, Didik Jumianto, dikonfirmasi secara terpisah, memastikan pihak penyelenggara akan mengecek kelengkapan prokes peserta sebelum vaksinasi. Nantinya jika ada peserta yang tidak membawa makser medis, petugas sudah menyediakan. Selain itu pada pelaksanaan vaksin pun juga akan dilakukan screening ketat, termasuk pelaksanaan swab secara acak.

“Penyelenggara sudah menghimbau untuk memakai masker medis. Tidak hanya peserta vaksin, melainkan seluruh masyarakat juga diwajibkan memakai masker. Walau masih dijumpai masyarakat yang tidak memakai masker dengan benar, akan tetap kita layani, karena penyelenggara juga telah menyediakan masker,” jelas Didik Djumianto.

Vaksinasi Massal Blitar Raya di Gedung Kesenian Aryo Blitar, menyasar warga dengan usia diatas 18 tahun. Nantinya kegiatan akan menjadi agenda mingguan Pemkot Blitar untuk mempercepat vaksin masyarakat sebagai langkah penanggulangan Covid-19. (Fix)

IDI Kota Blitar Minta Petugas Awasi Protokol Kesehatan Peserta Vaksinasi Massal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *