Blitar Kota– Dalam pembatasan tersebut, armada bus Antara Kota Dalam Provinsi (AKDP) dilarang beroperasi. Sedangkan armada Antara Kota Antar Provinsi (AKAP) dibatasi hanya 20% saja yang beropersi mulai tanggal 06-17 Mei 2021. Verie Sugiharto-Kepala Terminal Patria Kota Blitar mengatakan kebijakan ini merujuk Peraturan Mentri Perhubungan No. 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Idul Fitri 1442 H. Nantinya bus AKAP yang beroperasi hanya untuk perjalanan non mudik, seperti bekerja, sakit, atau hendak melahirkan. Nantinya, penumpang bus AKAP harus menunjukkan surat tugas dan surat hasil rapid test antigen. Awak bus sendiri juga diharuskan mengatur dan menerapkan protocol kesehatan Covid-19 di armadanya.

Kalau mereka tidak membawa surat hasil antigen, akan kami lakukan test GeNose-19 yang ada di Terminal. Intinya sesampainya disini akan diperiksa lagi oleh petugas jajaran samping. Menurut Verie, dari total 35 armada AKAP, hanya 7 armada yang dizinkan beroperasi. Nantinya armada bus AKAP juga tetap mengikuti pemeriksaan ketat, saat hendak masuk wilayah perbatasan.

Untuk bus AKAP yang beroperasi kan akan ditempeli stiker, ini sebagai penanda saja. Verie menambahkan armada yang beroperasi di Terminal Patria selama pandemi Covid-19 mencapai 115 bus. Rinciannya 35 armada AKAP dan 80 armada AKDP. (Kir)

Ikuti Kebijakan Larangan Mudik, Armada Bus di Terminal Patria Akan Dibatasi Mulai Tanggal 06-17 Mei 2021.
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *