Proses vaksinasi Covid-19 di Kota Blitar sudah memasuki penyuntikan dosis ke dua. Yang mana hingga Selasa 16 Februari 2021 cakupan vaksinasi dosis ke dua ini sudah menyasar 1.269 tenaga kesehatan (nakes).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Blitar, Didik Jumianto mengatakan , penyuntikan vaksin dosis kedua sudah berjalan sejak 13 Februari 2021. Pelaksanaannya dimasing-masing fasilitas kesehatan (faskes) yang telah ditunjuk oleh dinas setempat. Menurutnya jadwal penyuntikan dosis ke dua ini berbeda-beda, menyesuaikan dengan jadwal penyuntikan dosis pertama nakes. Tahapannya pun sama yaitu harus melalui proses verifikasi, screeming, punyintikan vaksin dan pemantauan.

“Hingga kini, penerima vaksin Covid-19 di Kota Blitar tidak ada yang menunjukkan keluhan klinis,” kata Didik, ,saat dikonfirmasi Rabu (17/02/ 2021)

Sementara itu, penyuntikan vaksin dosis pertama sebagian juga masih berjalan. Dari target 2.744 orang kini sudah menyasar 2 483 orang, atau 90,94%. Dari jumlah itu, 55 orang harus ditunda pelaksanaan vaksinnya karena tidak lolos screening kesehatan. Jika kondisi nantinya kondisi yang bersangkutan sudah memungkinkan, maka penyuntikan dosis vaksin akan dilakukan faskes.

“Jadwalnya sesuai yang ditetapkan faskes ya,” jelas Didik.

Didik mantargetkan pelaksanaan vaksinasi tahap pertama segera rampung. Mengingat, saat ini pihaknya juga mulai mempersiapkan pendataan vaksinasi tahap ke dua untuk TNI-Polri, ASN, dan pelayan publik. (Kir)

Jumlah Vaksinasi Covid-19 Dosis ke Dua Capai 1.269 Orang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *