Blitar Kota – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar sudah menyiapkan kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 untuk anggota PPK dan PPS Pilwali 2020. Dari hasil persipan tersebut, KPU Kota Blitar memastikan kebutuhan Protokol Kesehatn Covid-19 saat Pilwali telah siap.

Kepala Bagian Keuangan Umum dan Logistik KPU Kota Blitar, Chrisetyo mengatakan, kebutuhan APD untuk pelaksanaan Pilwali 2020 diback up oleh KPU dan Pemkot Blitar   KPU mem-back up kebutuhan APD internal KPU  PPK dan PPS  Sedangkan Pemkot Blitar mem-back up APD untuk KPPS dan Linmas. Chrisetyo menyebut saat ini APD, PPK dan PPS sudah siap di gudang logistik KPU Kota Blitar yang berada di Jl. Cemara. APD itu terdari dari masker  face sheild, cairan disinfektan, handsanitizer, sabun cuci tangan dan lain-lain. Dengan rincian masker kain dua layer 1.636 buah, face sheild 182 buah, cairan disinfektan, 88 liter  hand sanitizer 56 botol  dan sabun tangan 35 botol. 

Disinggung mengenai anggaran,  Chrisetyo mengaku tidak bisa merinci. Namun anggaran yang disediakan pusat sebesar Rp. 1,2 milliar. Menurut Chrisetyo, anggaran itu tidak semua terserap karena untuk APD KPPS sudah dibantu Pemerintah Kota Blitar  dalam hal ini Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar 

“Hanya saja sampai sekarang kita belum menerima APD itu, mungkin akan kita koordinasikan lebih lanjut nanti dengan Bakesbangpol dan PBD,” kata Chriesetyo, saat dikonfirmasi Jumat, (13/11/2020)

Sementara itu, penyediaan APD ini menjadi upaya KPU dan Pemerintah dalam mewujudkan Pilwali 2020 yang aman dan sehat. Langkah ini juga diharapkan mampu meredam kekhawatiran masyarakat saat datang di TPS, sehingga tingkat partisipasi pemilih lebih optimal. (Kir)

KPU Kota Blitar Siapkan Alat Pelindung Diri Covid-19 untuk PPK dan PPS Pilwali 2020
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *