Blitar Kota – Rabu (07/07/2021) Satgas Covid-19 Kota Blitar bagian penegakkan hukum kembali melakukan Operasi Yustisi penertiban protokol kesehatan dengan sidang perkara ditempat di Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP) Kota Blitar.

Plt Kepala Satpol PP Kota Blitar,Hadi Maskun, saat ditemui usai kegiatan menjelaskan kegiatan Operasi Yustisi dilakukan untuk menegakkan aturan perundang-undangan pada PPKM Darurat. Operasi dilakukan diberbagai titik, di Jl. Dr. Moh Hatta, serta area PIPP Kota Blitar. Seluruh pelanggar diarahkan ke Anjungan PIPP untuk sidang perkara. Hadi Maksun mengatakan, pelanggaran yang dilakukan kebanyakan tidak menggunakan masker atau menggunakan masker namun tidak benar. Terdapat 11 orang yang melanggar aturan dan dikenai sanksi denda mulai 30 sampai 50 ribu rupiah sesuai dengan putusan sidang.

Hadi Maskun menjelaskan  selama PPKM Darurat ini tidak hanya dijalanan, penertiban juga fokuskan di pasar tradisional, cafe maupun restoran. Sebab selama PPKM Darurat, terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi bagi pemilik cafe dan restoran yaitu melayani dine-in sampai pukul 17.00 WIB, dan delivery order sampai 20.00 WIB. Pemilik usaha juga harus memastikan protokol kesehatan berjalan optimal.

“Kami menghimbau tetap gunakan masker terutama saat ke luar rumah, membawa hand sanitizer, dan yang paling penting menjaga jarak, insyaallah aman,”jelas Hadi Maskun.

Hadi Maskun menilai, sejauh ini pelanggar prokes di Kota Blitar mengalami penurunan dibanding dengan tahun lalu. Artinya kesadaran warga Kota Blitar dalam menerapkan protokol kesehatan meningkat. (fix)

Operasi Yustisi: Satgas Covid-19 Tertibkan Sidang Pelanggar Prokes Ditempat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *