Blitar Kota – Satgas Covid-19 Kota Blitar menggencarkan penanggulangan covid-19 dengan memperbanyak temuan kasus di Kota Blitar. Hal ini dilakuakn agar dapat segera memotong mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Blitar. Demikian disampaikan Kapolres Blitar Kota sekaligus Satgas Covid-19 bagian Penegakkan Hukum dan Aturan, AKBP Yudhi Hery Setiawan pada Sabtu, (31/07/2021).

Yudhi menjelaskan, saat ini Satgas Covid-19 tengah mengoptimalkan kegiatan testing, tracing, dan treatment di Kota Blitar. Misalnya jika menemukan satu kasus konfirmasi positif covid-19, maka Satgas akan melakukan tracing kontak erat sebanyak 8 s/d 15 orang yang kemudian mengikut tes swab. Nantinya jika hasil tes kontak erat positif, maka diwajibkan melakukan isolasi di Gedung Isolasi Terpusat (Isoter) Asrama PGSD UM Jl. Ir. Soekarno Kota Blitar. Namun jika negatif, akan dipantau selama lima hari kemudian dites swab kembali.

Berdasarkan data nasional, saat ini Kota Blitar masih berada di level IV. Untuk itu perlu adanya berbagai layanan dan tindakan baru, diantaranya dengan Vaksinasi Door to Door hingga Isoter yang rencananya akan dimulai pada Senin (02/08/2021). Yudhi mengaku, nantinya Isoter akan dikonsep menjadi tempat isolasi yang menyenangkan karena memiliki berbagai sarana yang memadai. Sehingga diharapkan akan dapat mempercepat pemulihan warga yang melakukan isolasi.

“Kita sudah berupaya penuh dalam melakukan percepatan pelacakan kasus konfirmasi covid-19 di Kota Blitar. Sehingga jika ditemukan kasus dapat segera ditangani lebih cepat dan diharapkan dapat memutus rantai penyebaran kasus covid-19 di Kota Blitar,” jelas Yudhi.

Sesuai dengan hasil tracing data Polres Blitar Kota, Yudhi menyebut sudah ada 175 calon penghuni Rumah Isolasi Terpusat. Namun data ini masih akan di sinkronkan dengan Dinas Kesehatan hingga Puskesmas di masing-masing kecamatan. (Fix)

Percepat Penanggulangan Covid-19, Satgas Covid-19 Kota Blitar Gencarkan 3T
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *