Blitar Kota – Sempat terhenti karena pandemi Covid-19, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar mengupayakan layanan Perpustakaan Keliling dapat beroperasi kembali. Tidak hanya di OPD, perpustkaan keliling juga diupayakan bisa beroperasi di beberapa sekolah. Demikian disampaikan Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar, Rony Yozza Passal Bezzy, Rabu, (28/04/2021).

Rony menjelaskan, sebelumnya selama pandmei Covid-19, Perpustakaan Keliling hanya beroperasi di OPD dan Kelurahan yang ada di Kota Blitar dengan penerapan protokol kesehatan. Sementara untuk lokasi sekolah masih terhenti karena proses pembelajaran melalui daring. Namun saat ini pihaknya tengah menyiapkan strategi agar perpustakaan keliling bisa menyasar ke sekolah-sekolah, karena Pembelajaran Tatap Muka (PTM) sudah diuji coba di Kota Blitar. Rony mengaku saat ini masih menjalin koordinasi dengan sekolah-sekolah di Kota Blitar, terkait teknsi layanan ini agar tidak menimbulkan kerumunan. Misalnya diatur perkelas ataupun perkelompok dengan jadwal yang telah ditentukan. Rony menargetkan secepatnya Perpustakaan keliling ini kembali beroperasi disekolah. Pihaknya berharap, adanya perpustakaan keliling ini bisa meningkatkan minat baca siswa, sekaligus mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan misi Kota Blitar.

“Kita lakukan upaya pendekatan ya dengan sekolah sekolah saat ini. Karena memang PTM sudah bisa dilakukan maka, ini juga kita upayakan dapat beroperasi lagi, dengan sistem mungkin perkelas, atau perkelompok,” kata Rony

Untuk diketahui , saat ini terdapat tiga armada Peprustakaan Keliling yang disediakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar. Dalam pelaksanaannya di sekolah, nantinya 1 armada untuk TK, 1 armada untuk SD, dan 1 armada untuk SMP dan masyarakat. (fik)

Perpustakaan Keliling Kembali Beroperasi Di Tengah Pandemi Covid-19
Tagged on:         

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *