Blitar Kota – Melihat perkembangan kasus Covid-19 yang terus mengalami peningkatan, membuat Pemerintah Pusat kembali memperketat anjuran protokol kesehatan. Dari yang semula hanya 3M yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Memakai masker, dan Menjaga jarak, kini ditambah menjadi 5M dengan tambahan Menjauhi kerumunan dan Membatasi mobilitas.

Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Blitar, Didik Jumianto mengatakan, meski belum mengetahui secara detail, secara prinsip protokol kesehatan 5M sama dengan sebelumnya, namun memang ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian publik, tentang menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas. Hal ini menjadi penting, karena menurutnya peningkatan kasus Covid-19 dipengaruhi tingginya, mobilitas masyarakat. Pihaknya berharap, masyarakat tidak merasa terbebani karena anjuran dari Pemerintah ini secara umum sudah sering disosialisasikan. Didik meminta agar masyarakat bisa menerapkan protocol kesehatan Covid-19 secara utuh.

Sementara itu, disinggung mengenai kasus Covid-19, Didik mengatakan hingga saat ini belum mengalami grafik penurunan. Penambahan kasus hampir terjadi setiap hari, didominasi cluster keluarga. Pihaknya juga belum tahu pasti apakah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdampak secara efektif terhadap perkembangan kasus.

“Kita tunggu saja evaluasi lanjutan bersama Satgas Penanganan Covid-19. Kalau sekarang masih terlalu dini karena PPKM juga masih berlangsung,” jelas Didik, dikonfirmasi Rabu 20 Januari 2021

Untuk diketahui, berdasarkan data perkembangan kasus Covid-19 per tanggal 19 Januari 2021, jumlah kumulatif pasien Covid-19 di Kota Blitar mencapai 1.247 orang. Dengan rincian 1078 orang sembuh, 42 orang menjalani masa isolasi, dan 50 lainnya meninggal dunia. (Kir)

Protokol Kesehatan Terus Ditingkatkan dari 3M Hingga 5M
Tagged on:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *