Blitar Kota – Pemerintah Kota Blitar menyelenggarakan rapat koordinasi persiapan pelaksanaan pengecekan pelaksanaan prokes Covid-19, serta persiapan pelaksanaan Rapit Tes antigen masal, dengan sasaran para pedagang dan pengunjung pasar tradisional, di Kota Blitar.

Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd mengatakan, dari hasil rapat bersama jajaran Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, Kasat Pol PP dan perwakilan dari Dinas Perdagangan dan industri Kota Blitar tersebut diputuskan, ada dua pasar tradisional yang dintunjuk untuk dilakukan pemeriksaan pelaksanaan protokol kesehatan dan Rapid Antigen. Dua pasar tradisional itu adalah Pasar Legi pada Sabtu (6/02/2021), dan Pasar Templek  pada hari Minggu, (07/02/2021). Rapid test antigen nantinya diperuntukkan bagi 100 orang, baik pedagang atau pembeli di pasar tradisional.

Menurut Santoso, dalam pelaksanaannya nanti Pemerintah Kota akan bekerja sama dengan TNI-Polri, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Blitar, serta Disperindagin Kota Blitar. Tidak hanya rapid test antigen, petugas yang terjun juga akan membagikan masker untuk masyarakat disekitar pasar.

“ Semua ya, karena pasar bukan hanya untuk warga Kota Blitar, sehingga Rapit Tes Anti Gen nanti juga untuk warga Luar Kota Blitar yang berada di Pasar,” terang Santoso,

Sementara itu, di tempat terpisah, Muhammad Muchlis, Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar menambahkan,  jika nantinya ditemukan hasil reaktif, maka selanjutnya akan di lakukan pemeriksaan Tes PCR, dan jika dari hasil nya positif tanpa gejala, maka harus melaksanakan isolasi di Rumah Isolasi. Namun jika hasilnya positif dengan gejala maka akan dirujuk ke Rumah Sakit Rujukan Covid 19, yaitu Rumah Sakit Mardiwaluyo

Rakor Pemeriksaan Protokol Kesehatan dan Rapid Tes Massal Pasar Traditional Kota Blitar
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *