Blitar Kota – Jelang melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), SMPN 07 Kota Blitar mematangkan skenario penerapan Protokol Kesehatan Covid-19. Hal itu dilakukan untuk menjamin Pembelajaran Tatap Muka (PTM), Kamis, (20/05/2021), berlangsung aman dan sehat, sesuai kentuan yang ditetapkan Satgas Penanganan Covid-19.

Kepala SMPN 07 Kota Blitar, Murjiyanto mengatakan, sejak awal pekan kemarin, pihaknya mengajak wali kelas untuk membersihkan ruang kelas yang kosong selama Ramadhan dan libur Lebaran 1442 Hijriah. Pihaknya juga merapatkan barisan Satgas sekolah untuk kembali mematangkan scenario penerapan protocol kesehatan Covid-19 dihari pertama masuk sekolah.

Diawali dari depan, pihak sekolah telah menyiapkan ‘drop zone’ atau titik antar dan jemput wali murid di dua titik, yaitu sebelah barat dan timur gerbang. Memasuki area sekolah, siswa akan dicheck suhu tubuhnya dan diharuskan menggunakan hand sanitizer. Selanjutnya siswa memasuki kelas masing-masing dan mengikuti screening awal. Tujuannya untuk mengetahui riwayat berpergian siswa selama Lebaran dan kondisi kesehatanya. Jika kondisi kesehatannya aman, maka siswa bisa mengikuti PTM selama empat jam tanpa istirahat.

“Kalau kondisinya aman siswa boleh masuk ke kelas, tapi kalau suhu badannya diatas 37 ° C akan kami amankan di ruangan khusus yang sudah kita siapkan. Kita lihat dulu kalau suhu badannya tidak turun akan kami antar pulang,” kata Murjiyanto

Murjiyanto menjelaskan PTM di lembaganya hanya diikuti siswa kelas 7 saja. Sedangkan totol kelas yang digunakan saat PTM sebanyak 8 ruang, yang disertai CCTV untuk memantau pelaksanaan protocol kesehatan di dalam kelas. Tidak hanya itu, pihak sekolah juga menempatkan 50 wastafle portable di lingkugan sekolah, untuk membiasakan siswa mencuci tangan setelah beraktivitas.

“Satu kelasnya hanya diikuti 16 siswa saja, secara bergiliran,” jelas Murjiyanto.

Murjiyanto menambahkan pekan ini pihaknya secara penuh memantau PTM dilembaganya. Jika dinilai bagus dan aman, pihaknya akan mempertimbangkan kesertaan siswa kelas 8 pada PTM pekan depan. (Kir)

SMPN 07 Kota Blitar Matangkan Skenario Penerapan Protokol Kesehatan Covid-19

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *