Blitar Kota –Vaksinasi serentak kembali dilaksanakan Polres Blitar Kota, bekerjasama dengan TNI dan Pemerintah Kota Blitar, dengan sasaran sebanyak 3000 peserta. Wali Kota Blitar didamping Kapolres, Danyon 511 dan Dandim 0808 Blitar ikut memantau pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di Gedung Kesenian Aryo Blitar, Sabtu (10/07/2021).

Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd mengatakan, kegiatan ini menjadi upaya percepatan vaksinasi Covid-19, sekaligus mendukung program nasional “Satu Hari Satu Juta Vaksinasi”. Rencananya, vaksinasi massal di Gedung Kesenian ini juga akan menjadi agenda rutin setiap Sabtu. Harapannya, vaksinasi Covid-19 segera merata dikalangan masyarakat Kota Blitar.

 “Kegiatan ini akan dilakukan setiap hari Sabtu, sembari melihat jumlah stok vaksin yang tersedia,” jelas Santoso.

Sementara itu,Kapolres Blitar Kota,AKBP Yudi Heri Setiawan mengatakan, pada vaksinasi kali ini pihaknya menerjunkan 100-an personel kepolisan untuk mengawal protokol kesehatan Covid-19. Pelaksanaannya juga diatur secara bergelombang dari pukul 08.00-15.00 WIB. Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga melakukan swab antigen secara acak pada peserta vaksin. Dari 100 sasaran, dua diantaranya reaktif dan langsung diarahkan mengikuti swab PCR, dan menunda penerimaan vaksinasi.

“Di ruang tunggu juga kita siapkan swab antigen secara acak. Selagi menunggu vaksinasi berjalan, kita juga akan berikan screening kepada masyarakat, bahwa kegiatan swab antigen ini sebagai deteksi dini. Apabila ditemukan yang reaktif akan dilanjutkan pengetesan dengan swab PCR,” jelas Kapolres Blitar Kota.

Sama dengan pelaksanaan sebelumnya, vaksinasi massal ini juga mendapat antusias tinggi dari masyarakat. Suliyah misalnya, warga Kelurahan Karangsari usia 63 tahun mengaku, sebelumnya tidak mengikuti vaksinasi lansia di Puskesmas wilayahnya karena takut. Namun melihat tingginya kasus, justru membuatnya khawatir jika tidak segera melakukan vaksinasi Covid-19.

“Dulu mau ikut di DKT dan Nglegok takut. Sekarang, sudah tidak takut dan sudah didaftarkan vaksin online oleh Pak RT,”

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Blitar sempat mengajak seluruh peserta vaksin dan tenaga medis mengheningkan cipta untuk mendoakan seluruh warga dan tenaga medis yang gugur akibat Covid-19. (Sur)

Targetkan 3000 Sasaran, Polres Blitar Kota Kembali Gelar Vaksinasi Presisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *