Blitar Kota – Setelah melaksanakan vaksinasi untuk lansia dan masyarakat umum umur 18 tahun ke atas, Pemerintah Kota Blitar mulai melaksanakan vaksinasi 12+ yang menyasar masyarakat berusia 12 hingga 17 tahun. Salah satu faskes yang melayani vaksinasi covid-19 12+ adalah UPTD Puskesmas Kecamatan Sukorejo sejak 05 Juli 2021 lalu.

Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Sukorejo, Wisma Yuniar menjelaskan, hingga saat ini pelaksanaan vaksinasi 12+ di wilayahnya telah menyasar sebanyak 114 remaja dan berjalan dengan lancar. Para penerima vaksin ini datang ke Puskesmas Sukorejo dengan didampingi oleh orang tua dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Untuk mekanismenya, para penerima vaksin terlebih dahulu melakukan pendaftaran online yang disediakan Puskesmas Sukorejo kemudian penerima vaksin dilakukan screening sebelum proses vaksinasi. Wisma mengaku, warga sangat antusias dengan vaksinasi 12+, hal ini bisa dilihat dari penuhnya kuota vaksinasi hanya dalam waktu kurang dari tiga jam sejak dibuka secara online. Vaksinasi 12+ di UPTD Puskesmas Kecamatan Sukorejo, untuk dosis pertama telah dilaksanakan pada 05 Juli dengan 31 sasaran, 06 Juli dengan 34 sasaran, dan 07 Juli dengan 49 sasaran, lalu vaksinasi dosis kedua dapat diperoleh pada 14 hari mendatang.

“Untuk pendaftar vaksinasi 12+ ini didominasi oleh remaja usia 12 hingga 18 tahun, karena mungkin mereka sendiri rata-rata sudah memiliki handphone untuk melakukan pendaftaran online. Lalu untuk yang hadir vaksinasi kemarin sudah memenuhi target kami, katakanlah dari 100 pendaftar, sekitar 90% hadir mengikuti vaksinasi,” jelas Wisma.

Saat disinggung mengenai pendaftaran vaksinasi 12+ selanjutnya, Wisma mengaku masih menunggu instruksi dari Dinas Kesehatan Kota Blitar. (Fix)

Vaksinasi 12+ Dosis Pertama Kecamatan Sukorejo, Sasar 114 Remaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *