Kota Blitar – Pemerintah Kota Blitar terus menggenjot vaksinasi booster bagi warga Kota Blitar. Terlebih bagi kategori lansia dan masyarakat rentan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022, Senin (11/4/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar, Dharma Setiawan,  menjelaskan bahwa vaksinasi booster bagi Lansia di Kota Blitar saat ini mencapai 24.4 persen. Menurutnya, angka ini masih minim jika dilihat dari total lansia sebanyak 15.006 orang.

Meski begitu, vaksinasi booster Lansia di Kota Blitar ini berada di posisi ketiga dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

“Kami meminta agar seluruh Puskesmas tetap menggencarkan vaksinasi booster bagi lansia. Hal ini untuk membentuk imun tubuh guna mengantisipasi paparan COVID-19 jelang lebaran tahun ini,” ujarnya pada hari Senin (11/4/2022).

Dinas Kesehatan Kota Blitar menargetkan, maksimal H-2 minggu lebaran cakupan vaksinasi lansia di Kota Blitar akan semakin merata. Hal ini bertujuan agar lansia Kota Blitar siap untuk menerima tamu saat mudik lebaran tahun ini.

Sementara itu, berdasarkan evaluasi harian vaksinasi booster di Kota Blitar, cakupan lansia tertinggi dengan 24.4 persen, kemudian pelayan publik 21.2 persen, disusul masyarakat rentan dan umum sebanyak 19.2 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar menambahkan, minimnya vaksin booster bagi lansia ini disebabkan beberapa faktor.  Selain karena banyak Lansia yang sudah merasa cukup dengan vaksin 1 dan 2, banyak juga Lansia yang gagal divaksin karena tensi tinggi dan gangguan kesehatan lainnya. (Fix)

Vaksinasi Booster Lansia Kota Blitar Capai 24.4% dan Duduki Posisi III di Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *