Blitar Kota – Dalam rangka percepatan vaksinasi di Kota Blitar, Wali Kota Blitar meluncurkan Layanan Vaksinasi Door to Door untuk anak usia 12 ke atas dan lansia pada Senin, (26/07/2021). Vaksinasi Door to Door ini merupakan program Polres Blitar Kota dan Kodim 0808 yang bersinergi dengan Pemerintah Kota Blitar dengan menggunakan tiga armada bus.

Wali Kota Blitar, Drs. H. Santoso, M.Pd. usai meresmikan kegiatan menjelaskan, tiga armada bus yang sebelumnya digunakan untuk antar jemput siswa sekolah kini telah dimodifikasi dan difungsikan untuk media Vaksinasi Door to Door. Setiap hari ketiga bus ini akan menuju ke tiga titik wilayah sesuai dengan ketersedian vaksin, diantaranya Kecamatan Sananwetan, Kepanjenkidul, dan Sukorejo.

Di hari pertama ini, ketiga bus melayani vaksinasi 12 ke atas di Kecamatan Sukorejo tepatnya di MAN Kota Blitar, Kecamatan Sananwetan yang bertempat di SMAN 1 Blitar, serta Lansia di Kecamatan Kepanjenkidul. Santoso menargetkan Vaksinasi Door to Door nantinya tidak hanya menyasar 12 ke atas dan lansia saja, namun juga untuk masyarakat umum yang belum terlayani.

“Vaksinasi Door to Door ini sebenarnya dikhususkan untuk anak-anak dan lansia yang tidak bisa hadir dalam vaksinasi massal yang biasanya diadakan di faskes. Untuk kedepannya, kami usahakan juga dapat menyasar masyarakat umum yang masih belum mendapat vaksinasi covid-19,” jelas Santoso.

Sementara itu, Kapolres Blitar Kota, AKBP Yudhi Hery Setiawan mengatakan, setiap harinya ada 100 dosis vaksin yang disiapkan untuk warga Kota Blitar dalam Vaksinasi Door to Door ini. Untuk pelaksanaannya, Camat, Lurah, RT, maupun RW akan mendata siapa saja yang bisa melakukan vaksinasi ini.

Yudhi mengatakan, jika vaksinasi berlangsung di lingkungan sekolah, maka pihaknya akan melibatkan Satgas tingkat sekolah. Hal ini dikarenakan jumlah siswa di Kota Blitar sekitar 16.000 lebih, untuk itu percepatan vaksinasi anak 12 ke atas perlu disegerakan. Sementara itu, pelaksanaan vaksinasi dengan menggunakan tiga bus ini juga tetap menerapkan prokes ketat dan aturan vaksin. Petugas akan melakukan screening dan penerima vaksin pun juga diwajibkan melakukan observasi 30 menit.

“Pelaksanaan Vaksinasi Door to Door ini akan menggunakan tiga bus yang sudah dimodifikasi. Nantinya, tiga bus ini akan beroperasi masing-masing di tiga kecamatan di Kota Blitar,” jelas Yudhi.

Vaksinasi Door to Door Resmi Diluncurkan, Tiga Bus Siap Layani Masyarakat Kota Blitar
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *